Seminar Nasional "Youth's Action : Penguatan Budaya Lokal untuk Pariwisata Holistik"

Labuan Bajo, Senin 25 April 2022_Politeknik eLBajo Commodus menggelar Seminar Nasional dengan mengangkat tema "Youth's Action : Penguatan Budaya Lokal untuk Pariwisata Holistik" secara daring, yang merupakan penutup dari rangkaian kegiatan perayaan Dies Natalis ke-4 Politeknik eLBajo Commodus, dan bertujuan untuk menumbuhkan peran pemuda dan masyarakat dalam pengembangan Pariwisata Holistik melalui penguatan Budaya Lokal, dengan menghadirkan Keynote Speaker Bapak Sandiaga Salahuddin Uno Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif; Bapak Fransiskus Sales Sodo Sekretaris Daerah Kabupaten Manggarai Barat; serta Narasumber Ibu Shana Fatina Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores; Romo Inosensius Sutam Dosen Unika St.Paulus Ruteng dan Ketua Komisi Budaya dan Pariwisata Keuskupan Ruteng; serta Ibu Mitu M. Prie Konsultan Independen Komunikasi Kreatif Seni Budaya, Praktisi Arkeologi, Penulis dan Pengajar Tamu.

Bapak Sandiaga Salahuddin Uno Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyampaikan apresiasi untuk Kampus Politeknik elBajo Commodus atas Dies Natalis yang ke-4, dan harapannya agar Politeknik eLbajo Commodus dapat terus berkarya dan melahirkan serta mencetak generasi yang unggul, berdaya saing kreatif, inovatif dan adaptif. Beliau juga mengapresiasi atas inisiasi dalam mengadakan seminar nasional ini yang menunjukan bahwa Labuan Bajo sebagai salah satu destinasi pariwisata prioritas merupakan tanggung jawab dan menjadi perhatian banyak pihak. Bapak Sandiaga Salahuddin Uno juga menyampaikan bahwa Labuan Bajo tidak hanya kaya akan alamnya saja, tapi juga kaya akan budaya dan dapat diperkuat, dilestarikan untuk menciptakan nilai tambah serta meningkatkan differensiasi produk-produk pariwisata dan ekonomi kreatif yang disuguhkan kepada wisatawan. Beliau juga menyampaikan dalam pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif berlandaskan kearifan lokal serta keberlanjutan sangatlah penting untuk dipahami oleh generasi muda sebagai penerus dan penggerak di masa depan.

Apresiasi kepada Politeknik eLBajo Commodus juga disampikan oleh Bapak Fransiskus Sales Sodo - Sekretaris Daerah Kabupaten Manggarai Barat, atas terselenggaranya Seminar Nasioal ini. Beliau meyampaikan bahwa eksistensi budaya lokal dengan nilai-nilai budaya di Kabupaten Manggarai Barat belum menjadi daya tarik utama pariwisata. Untuk itu momentum seminar nasional ini menjadi bagian yang tidak terpisahkan untuk mengidentifikasi nilai-nilai kearifan lokal dan budaya yang perlu dilestarikan untuk mewujudkan ketahanan lokal yang akan bersinggungan dengan nilai-nilai dari luar daerah. Untuk itu, seluruh sektor perlu digerakkan secara sinergis dalam mewujudkan pariwisata yang inklusif melalui penguatan SDM masyarakat berbasis budaya lokal perlu diteruskan, diidentifikasi, diperkuat dan dirumuskan dengan tegas dalam berbagai kebijakan. Harapannya seminar ini dapat merekomendasikan banyak hal bagi pemerintah daerah untuk merumuskan kebijakan pembangunan pariwisata di Kabupaten Manggarai Barat.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan pemaparan materi dari tiap-tiap narasumber yakni Ibu Mitu M. Prie Konsultan Independen Komunikasi Kreatif Seni Budaya, Praktisi Arkeologi, Penulis dan Pengajar Tamu yang membahas terkait Penguatan Budaya Lokal; lalu Romo Inosensius Sutam Dosen Unika St.Paulus Ruteng dan Ketua Komisi Budaya dan Pariwisata Keuskupan Ruteng membawakan materi terkait Pariwisata Holistik, serta Ibu Shana Fatina Direktur Utama Badan Otorita Pariwisata Labuan Bajo Flores membahas terkait Pengelolaan Destinasi Pariwisata Super Prioritas Berkelanjutan Labuan Bajo Flores.

Kegiatan ini berjalan lancar dengan dihadiri secara daring oleh Plt. Direktur Politeknik eLBajo Commodus Bapak Andy Iwan Iswanto, S.S., M.Pd serta diikuti pula oleh Ketua Yayasan Bangkit Anak NegeriKu Ibu Noviana Halim, Ketua Senat Politeknik eLBajo Commodus Bapak Teddy Halim, S.S., M.M, para mahasiswa, Bapak/Ibu dosen dan juga mitra-mitra industri di Labuan Bajo dan dari beberapa daerah lainnya.

Kami ucapkan terima kasih atas dukungan dan partisipasi seluruh narasumber dan juga seluruh peserta yang telah hadir dalam Seminar Nasional "Youth's Action: Penguatan Budaya Lokal untuk Pariwisata Holistik" ini. 🙏

Salam Vokasi 🫰🏼